Musik Klasik



  • Sejarah

Sejarah musik dipercaya dimulai dari masa lalu dan dipelopori oleh musik Asia, musik Persia, musik India, musik Yahudi, musik Romawi, musik Mesopotamia, musik Mesir, musik Islam, dan juga musik Yunani. Namun, dari semua musik tersebut, musik era Yunani adalah musik yang terbaik dan yang paling terkenal diantara yang lain.
Seperti sejarah Yunani yang penuh dengan kejayaan dibidang penemuan dan juga peradaban rakyatnya, musik juga berkembang dengan baik. Musik digunakan untuk hiburan, perayaan rakyat, dan juga kegiatan kegamaan. Musik sangatlah penting untuk peradaban masyarakat Yunani. Bahkan, pada masa Yunani kuno, musik adalah sebuah mata pelajaran wajib dimana para pria Yunani kuno sudah diajarkan tentang musik sejak usia 6 tahun.
Literasi musik dari Yunani sangatlah mempengaruhi perkembangan musik di seluruh dunia. Di masa setelah Yunani kuno, teori musik dari Yunani mempelopori adanya musik keagamaan di dunia barat dan juga musik-musik klasik.


  • Pengertian
“Musik Klasik” pada dasarnya bukan hanya sebatas nama dari salah satu aliran/jenis musik. Tapi juga istilah luas yang mengacu pada tiga periode musik yang sangat populer pada zaman itu di Eropa barat. Istilah “Klasik” sendiri diambil dari nama salah satu periode itu. Tiga periode musik yang dimaksud yaitu:
1. Zaman Barok dan Rokoko (Abad 17)
2.
Zaman Klasik (Abad 18)
3. Zaman Romantik (Pertengahan abad 18)
Pada abad-abad berikutnya musik klasik terus berkembang meskipun perkembangannya tidak secepat masa-masa sebelumnya. Perkembangan ini juga melahirkan musik Kontemporer Klasik pada abad 19 sampai abad 20.
Hal terbaik dari musik klasik adalah musik klasik menjadi elemen dasar dari semua musik di era selanjutnya. Bahkan ada ungkapan bahwa musik klasik tidak akan pernah mati. Banyak sekali komposer di era setelah era klasik yang masih belajar dari karya-karya Mozart dan Beethoven. Bahkan keagungan karya dari Beethoven dalam Moonlight Sonata telah menjadi contoh dan inspirasi dari ratusan karya lain setelahnya. Bahkan karya dari Mozart masih dimainkan dan dipelajari dalam harmoni dan orkestra musik seteleh 80 tahun kematiannya.

  • Periode
1. Zaman Barok dan Rokoko
Berlangsung sekitar tahun 1600-1750. Ciri-ciri musik pada masa ini adalah lincah, banyak menggunakan ornamen, berdinamik forte dan piano, musik yang digunakan berganti-gantian, dan hanya memainkan satu jenis emosi saja. Komponis pada masa ini adalah Johann Sebastian Bach, George Friederich Handel, Antonio Vivaldi, dan Johann p=Pachelbel. 
2. Zaman Klasik
Pada zaman ini musik klasik sudah lebih ringan dan tidak membingungkan, durasinya sudah lebih pendek dan bervariasai. Ciri-ciri musik pada zaman ini adalah adanya harmoni tiga nada atau lebih dan kontras pada ritme. Bayak musisi terkenal pada zaman ini, diantaranya adalah Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven.
3. Zaman Romantik
Romantik pada masa ini berarti lebih ekspresif dan berkonsentrasi pada penjiwaan. Romantik di sini bukan berarti percintaan. Ciri khususnya adalah lebih beraninya musisi dalam berekspresi. Musisi besar pada masa ini adalah Frans Liszt.

1 Response to "Musik Klasik"

  1. Matts says:
    December 7, 2010 at 10:40 PM

    Ternyata panjang juga ya sejarah Musik,habis baca disini jadi makin ngerti asal usul musik.Good post bos.Thanks ya....

Post a Comment